Artikel Terbaru >

Mengapa Anda Perlu Belajar Bahasa Jepang?

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk belajar bahasa Jepang? Atau mungkin saat ini Anda sudah memutuskan untuk belajar bahasa tersebut, namun Anda masih belum yakin akan manfaat yang dapat Anda diperoleh dari belajar bahasa Jepang. Pada artikel berikut ini kita akan ulas beberapa alasan mengapa setiap orang perlu belajar bahasa Jepang yang mungkin bisa membantu Anda dalam memahami manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh.

1.  Jepang memiliki perekonomian terbesar ke-2 di dunia.

Jepang adalah negara makmur dan memiliki perekonomian yang paling beragam di Asia. Dengan PDB (Pendapatan Domestik Brutto) sebesar $ 4,9 triliun pada tahun 2005, ekonomi Jepang menjadi yang ke-2 setelah AS. Perusahaan-perusahaan terkemuka Jepang, seperti yang paling umum terdengar ditelinga kita, yaitu Sony, Toshiba, Sanyo, Casio, Canon, Minolta, Honda, Toyota, Mitsubishi dan banyak lagi lainnya telah melebarkan usahanya ke pasar dunia dalam berbagai sektor.

Jika Anda yang pada saat ini tengah menjalankan bisnis baik dalam bidang teknik, manufaktur, penelitian, ekonomi atau politik, maka kemungkinan Anda akan menghadapi persaingan yang ketat dari perusahaan-perusahaan tersebut, atau bisa jadi Anda akan bekerja untuk perusahaan-perusahaan Jepang tersebut.

2.  Memahami Jepang yang membawa peluang bisnis.

Konsumen Jepang menghabiskan 100 miliar dolar setiap tahun untuk barang-barang dan jasa seperti makanan, pakaian, perjalanan dan hiburan. Sebuah rumah tangga biasa di sana memiliki lebih dari $ 100.000 di tabungannya dengan pengeluaran bulanan mencapai $ 3.800. Dari statistik pengeluaran orang-orang di Jepang. tidak mengherankan bahwa Amerika Serikat mengekspor lebih banyak barang dan jasa ke Jepang daripada negara lainnya. Pada tahun 2004, ekspor ke Jepang menyumbang sebesar $ 54 miliar dari PDB AS. Selain ekspor, ribuan perusahaan-perusahaan AS telah memiliki cabangnya di Jepang. Pada tahun 2004 saja, bisnis di Amerika Serikat menghabiskan $ 78 miliar yang di investasi langsung di Jepang.

Kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan potensial dalam bahasa mereka sendiri adalah kunci terbaik untuk memenangkan bisnis mereka. Selain itu, ketika Anda belajar bahasa Jepang, Anda menjadi tidak hanya mahir dalam bahasa saja, melainkan juga akan memperoleh wawasan akan budayanya. Dengan memahami etika kerja Jepang, etiket bisnis mereka akan dapat menghindari kita dari dugaan-dugaan yang dapat menghancurkan kesepakatan bisnis penting Anda.

3.  Jepang adalah pintu gerbang ke bahasa dan budaya Asia lainnya.

Sepanjang sejarahnya, Jepang telah dibentuk oleh pengaruh peradaban besar Asia, yaitu India, Cina, dan Korea. Berbeda halnya dengan budaya dari negara-negara Asia lainnya, budaya-budaya Asia akan bersama-sama berbagi banyak kesamaan yang membedakan mereka dengan dari cara-cara hidup dan norma-norma yang berlaku di Barat. Jadi dengan belajar mengenai Jepang dapat membuka perspektif Anda pada nilai-nilai yang dari negara-negara Asia yang berbagi dengan Jepang, termasuk keyakinan agama, etika dan estetika. Sebuah keakraban dengan budaya Asia juga memungkinkan Anda untuk melangkah di luar budaya  

4.  Pengguna Internet Jepang adalah kelompok bahasa terbesar ke-3 di Internet.

Orang Jepang membentuk komunitas bahasa ketiga terbesar di Internet setelah Inggris dan Cina. Diperkirakan hampir 88 juta orang Jepang, atau 9,6% dari populasi online dunia, selalu yang terhubung ke Internet. Memahami segala hal tentang Jepang akan dapat menghubungkan Anda kepada orang-orang tersebut dalam sekejap. Biasa jadi mereka mungkin hanyalah teman atau kenalan, rekan bisnis, atau bahkan pasar yang Anda harapkan untuk menjadi target di masa yang akan datang.
5.  Orang Jepang adalah inovator terbaik.

Mengingat bahwa Jepang secara geografis merupakan bangsa yang terisolasi pulau-pulau yang padat penduduknya dan sangat miskin akan sumber daya alamnya, namun disisi lain memiliki kekuatan ekonomi yang hebat membuat Jepang nampak begitu mengesankan. Orang Jepang hanya mengandalkan kreativitas mereka dan pengetahuan ilmiah mereka untuk dapat mencapai kesuksesan, tidak hanya secara ekonomi tetapi juga dalam ekologi dan cara berorientasi yang efisien. Orang Jepang dikenal sebagai pemimpin teknologi tinggi di bidang-bidang seperti media optik, manufaktur semikonduktor, industri, robot dan proses fermentasi. Keunggulan mereka dalam berinovasi telah menjadikan Jepang sebagai yang terdepan dalam pengajuan hak paten untuk 420.000 aplikasi per tahun.

6.  Ekspor budaya Jepang yang semakin meledak.


Mulai dari anime hingga ke bar-bar sushi, dari karaoke hingga ke manga, dari bonsai hingga ke origami, semua budaya Jepang sudah menjadi bagian dari budaya internasional. Sebuah pengetahuan tentang bahasa akan memberi Anda akses langsung ke film-film Jepang, animasi-animasi Jepang dan buku komik, dan akan memberikan wawasan tentang terminologi khusus yang digunakan dalam seni bela diri favorit Anda, serta membantu Anda memahami dasar budaya lebih lanjut. Sehingga pada gilirannya Anda akan mampu untuk memesan sashimi sendiri di restoran-restoran di Jepang favorit Anda seperti halnya penduduk asli sana!

7.  Pemahaman akan Jepang akan membedakan Anda dari yang lain.


Sebagian besar orang yang belajar bahasa asing saat ini memilih bahasa-bahasa Eropa seperti Spanyol, Perancis, Jerman atau Italia. Dengan memilih bahasa yang lebih jarang dipelajari akan memunculkan kesan bahwa kemampuan Anda berbeda dengan yang lain! Berminatkah Anda untuk tampil beda?

8.  Orang Jepang adalah wisatawan internasional.


Dengan semua uang yang sekali pakai di saku mereka, sekitar 16,8 juta wisatawan Jepang berpergian ke luar negeri pada tahun 2004. Dalam sebuah survei, sekitar 94% dari pengunjung Jepang ke AS melaporkan belanja selama mereka tinggal, yang ternyata jumlahnya lebih daripada wisatawan-wisatawan negara-negara lain. Orang Jepang cenderung untuk membel barang dan jasa secara tunai. Sekitar 3,7 juta turis Jepang mengunjungi AS pada tahun 2004, kedua setelah Inggris di kalangan wisatawan luar negeri. Pengunjung dari Jepang menghabiskan sekitar$ 12,4 miliar di Amerika Serikat pada 2004, naik 24% dari tahun sebelumnya.
Dengan pengetahuan tentang Jepang bisa membuat Anda masuk ke pasar tersebut. Dan tentunya pemahaman dan pengetahuan tersebut akan membuat kunjungan Anda ke Jepang akan lebih mudah dan jauh lebih menyenangkan.

9.  Tidak sesulit yang Anda pikirkan!

Seperti yang pernah diulas pada artikel-artikel sebelumnya, bahwa bahasa Jepang memiliki sistem yang jauh berbeda dengan bahasa Inggris atau bahasa-bahasa lainnya. Namun, Anda pastinya akan mampu mempelajari 44 atau lebih karakter hiragana atau katakana yang mewakili suara dalam berbagai cara seperti halnya yang telah Anda pelajari untuk memahami huruf-huruf alfabet.

Selain itu, dalam tata bahasa Jepang banyak yang lebih sederhana dari pada bahasa-bahasa Eropa. Kata benda dalam bahasa Jepang tidak mengenal jenis kelamin dan bentuk jamak. Bahasa ini juga mengenal bentuk kalimat kata kerja sekarang dan masa lalu, yang meliputi kata kerja tidak teratur yang sangat sedikit. Penyampaian bahasa hanya menggunakan 5 suara vokal dan ejaan fonetis yang membuat bahasa ini yang relatif mudah untuk diucapkan.

10.  Jepang adalah batu loncatan untuk belajar bahasa Asia lainnya.

Seperti bahasa lain di Asia Tenggara, bahasa Jepang adalah bahasa yang sangat analitis, dan bergantung pada fungsi kata-kata daripada sistem ekstensif dari infleksi untuk menunjukkan sifat linguistik. Bahasa ini juga terdiri dari struktur kalimat yang memiliki subjek dan predikat. Meskipun bahasa-bahasa Asia Tenggara lainnya jelas berbeda dengan bahasa mereka, sebagai kelompok mereka jelas berbeda secara geografis dari keluarga bahasa yang lebih jauh, seperti bahasa -bahasa Indo-Eropa dan Afro-Asia.

Secara khusus, tata bahasa Jepang sangat mirip dengan bahasa Korea, dan kedua bahasa tersebut memiliki sistem sama-sama maju honorifics-nya untuk menunjukkan rasa hormat. Bahasa Jepang menggunakan penulisan kanji Cina sebagai sistem penulisannya. Dengan belajar bahasa Jepang akan membawa Anda selangkah lebih dekat untuk memahami dan mempelajari juga bahasa Korea atau Cina karena banyak kemiripan dalam konsep yang mendasari bahasa tersebut. 
 
 

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 Bakapedia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger